Setjen Kemendagri Resmikan Bimtek Damkat, Satpol PP dan Satlinmas di Rohil Resmikan Bimtek Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di Rohil

Setjen Kemendagri Resmikan Bimtek Damkat, Satpol PP dan Satlinmas di Rohil Resmikan Bimtek Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di Rohil

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Drs. Hadi Prabowo, MM, membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) Pemadam Kebakaran (Damkar), Satpol PP, dan Satuan Perlidungan Masyarakat (Satlinmas), Selasa (22/8) sekira pukul 10.00 Wib.

Acara yang diselenggarakan di halaman olahraga Kampus IPDN Rohil di Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil itu dihadiri oleh Dirjen Bina Adminitrasi Wilayah Drs. Eko Subowo, MBA, Wakil Gubernur Riau H. Wan Thamrin, Bupati Rohil H. Suyatno AMp, Sekda Rohil Drs Surya Arfan, Direktur Kampus IPDN Ilham, para Camat, para Penghulu, para Kadis, Para Kabid, tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat lainnya. 

Dalam upacara itu, Setjen Kemendagri Drs Hadi Prabowo MM memberikan penghargaan serta rasa hormat kepada Pemkab Rohil, yang diterima langsung oleh Bupati Rohil H. Suyatno.

Usai acara pembukaan itu, Drs Hadi Prabowo, ketika diwawancara mengatakan, jika bimtek ini merupakan tahap awal. "Kedepan, akan ada Bimtek bagi 3 instansi itu dari seluruh daerah di Indonesia. Sehingga kedepan, Bimtek di area Eks Kampus IPDN di Rohil ini akan menjadi level nasional," katanya.

Dijelaskanya, jika bimtek kali ini diikuti oleh 132 peserta, terbagi dari 32 dari Damkar, 50 dari Satpol PP dan 50 dari Satlinmas. Latihan tersebut dilajukan terhitung dari 22 Agustus sampai 26 September mendatang. "Untuk tahap ini baru dari Kabupaten Rohil saja, kedepan dari daerah lain di Indonesia akan melaksanakan Bimtek disini," jelasnya.

Ketika disinggung, apa status Kampus IPDN saat ini, apakah ada atau tidak akan dikembalikan di Rohil. Dia mengatakan, jika seluruh kegiatan IPDN Riau sudah semuanya dilakukan di Jatinangor. "Jadi, sesuai koordinasi dan komunikasi kita area kampus IPDN ini akan dijadikan tempat Bimtek tiga insitusi itu," terangnya.

Sementara itu Bupati Rohil H. Suyatno ketika diminta tanggapannya menyebut baik atas kegiatan itu dilakukan di area eks Kampus IPDN. "Setuju tidak setujunya ya kita tidak taulah, pastinya gedung dan area berpungsi dengan baik, dan semoga saja bisa bermanfaat untuk kita, terutama bagi 3 insitusi itu bisa mendapat ilmu menjalani tugasnya dengan baik," ujar Suyatno.

Senada diungkapkan Wakil Gubernur, H. Wan Thamrin. Menurutnya, pelatihah untuk 3 insitusi itu sangat besar manfaatnya. 

"Apalagi Riau ini termasuk daerah rawan Karlahut. Dengan diberikan Bimtek, maka Damkar bisa menjalani tugasnya secara profesional. Demikian pula Satpol PP akan bisa menegakan peratuaran daerah, dan Satlinmas bisa pula membimbing masyarakat sesuai ilmu yang ia dapat," tutupnya.

Dalam acara itu, ditampilkan gerakan dari Amdal Rohil dan juga cara pemadaman oleh Damkar dari PT. Tunggal Mitra. Sehingga acara itu diramaikan tepuk tangan yang sangat meriah dari undangan yang hadir saat itu.

Dipost Oleh Super Administrator

admin

Post Terkait

Tinggalkan Komentar